Selasa, 04 Juni 2013

Psikologi Sosial




       Psikologi sosial merupakan perkembangan ilmu Pengetahuan yang baru, dan merupakan cabang dan ilmu pengetahuan psikologi secara umumnya. Ilmu tersebut menguraikan tentang kegiatan-kegiatan manusia dalam hubungannya dengan situasi-situasi sosial, sepeti situasi kelompok, situasi massa dan sebagainya, termasuk didalamnya interaksi antar orang dan hasil kebudayaannya.
Ada beberapa definisi psikologi sosial sebagai berikut :
  1. Paedagogik , psikologi sosial adalah ilmu jiwa yang mempelajari gejala-gejala psikis pada massa , bangsa, golongan, masyarakat dan sebagainya.
  2. Hubert Bonner, psikologi sosial adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia.
  3. Sherif&sherif, psikologi sosial adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari pengalaman dan tingkah laku individu manusia dalam hubungannya dengan situasi-situasi perangsang sosial.
  4. Roueck and Warren, psikologi sosial adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari segi-segi psychologis daripada tingkah laku manusia, yang mempengaruhi oleh intraksi sosial.
  5. Kimball Young (1956) Psikologi sosial adalah studi tentang proses interaksi individu manusia.
  6. Joseph E. Mc Grath (1965) Psikologi sosial adalah ilmu pengetahuan yang menyelidiki tingkah laku manusia sebagaimana dippengaruhi oleh kehadiran, keyakinan, tindakan, dan lambang-lambang dari orang lain.
  7. Gordon W. Allport (1968) Psikologi sosial adalah ilmu pengetahuan yang berusaha mengerti dan menerangkan bagaiman pikiran, perasaan dan tingkah laki individu dipengaruhi oleh kenyataan, imajinasi, atau kehadiran orang lain.
  8. W. A. Gerungan : “ilmu jiwa adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari dan menyelediki pengalaman dan tingkah laku individu manusia seperti yang dipengaruhi atau ditimbulkan oleh situasi-situasi sosial”.
          Dari rumusan-rumusan tersebut dapat kita simpulkan secara singkat bahwa : Psikologi sosial adalah suatu studi ilmiah tentang pengalaman dan tingkah laku individu-individu dalam hubungannya dengan situasi sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar